Banner
Pendaftaran OnlineSisitem Informasi Akademik
Login Member
Username:
Password :
Agenda
23 May 2018
M
S
S
R
K
J
S
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Jajak Pendapat
Menurut anda (alumni) perkuliahan di STIELM sesuai dengan kebutuhan pasar
Ya
Tidak
  Lihat
Bagaimana menurut anda tentang profil dosen di STIELM?
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Tidak Baik
  Lihat
Bagaimana menurut anda (mahasiswa) tentang Perkuliahan di STIELM?
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Tidak Baik
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat

8 Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan di E-Commerce

Tanggal : 30-01-2018 08:48, dibaca 329 kali.

Dengan meningkatnya daya beli masyarakat Indonesia, belanja online telah menjadi gaya hidup. Banyak keuntungan yang bisa didapat oleh online shopper ketika melakukan transaksi jual-beli online daripada secara offline. Keuntungan tersebut di antaranya adalah hemat waktu, hemat tenaga, dan hemat biaya, serta banyaknya promo yang ditawarkan oleh e-commerce yang saling bersaing untuk mendapatkan konsumen.

Dan berikut adalah berbagai macam strategi promosi yang sering ditawarkan oleh berbagai marketplace:

1. Diskon Reguler

Diskon reguler merupakan jenis promo yang paling umum diterapkan oleh online shop, marketplace, maupun e-commerce lainnya. Biasanya promo jenis ini ditandai dengan harga awal dan harga akhir (harga setelah diskon), serta persentase besarnya diskon tersebut.

Untuk mendapatkan promo ini, biasanya konsumen tidak perlu memenuhi syarat dan ketentuan tertentu. Namun hati-hati, semakin besar diskon yang ditawarkan, belum tentu menghasilkan harga akhir yang paling murah dibanding marketplace lain. Karena terkadang sebuah marketplace atau toko online sengaja markup / menaikkan harga awal, kemudian memberikan iming-iming diskon besar, padahal jika dibandingkan dengan marketplace lain, jatuh-jatuhnya harganya sama saja.

Tips: Jangan langsung tergiur oleh jumlah potongan harga yang tinggi. Sebaiknya bandingkan dulu dengan marketplace lain.

2. Diskon Tematik

Mirip dengan diskon reguler, jenis promo diskon tematik juga menawarkan potongan harga berupa besaran presentase atau pun diskon dengan nilai yang tetap. Bedanya, untuk mendapatkan diskon ini, konsumen harus memasukkan kode unik yang biasa kita sebut dengan kode voucher, kode promo, kode diskon, kupon, dan lain sebagainya. Biasanya konsumen harus memasukkan kode unik tersebut ketika berada pada tahap checkout atau pembayaran.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan kode voucher adalah syarat dan ketentuannya, biasanya berupa status pelanggan (pelanggan baru/lama), harga minimal, kuantitas minimal/maksimal, maksimal diskon, waktu transaksi, dan sebagainya. Terkadang konsumen merasa kecewa ketika kode voucher yang mereka pakai ternyata tidak valid. Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan ada syarat atau ketentuan yang tidak terpenuhi.

Jadi, buat kamu yang ingin menggunakan kode voucher untuk mendapatkan diskon, perhatikanlah syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap marketplace.

3. Promo Bank / Metode Pembayaran

Promo Bank / Promo Metode Pembayaran merupakan jenis diskon yang hanya berlaku untuk pelanggan yang melakukan transaksi melalu bank atau metode pembayaran tertentu. Diskon jenis ini biasanya diselenggarakan oleh bank-bank tertentu dengan sebuah marketplace.

Sama seperti promo diskon tematik, promo diskon metode pembayaran biasanya juga mengharuskan pelanggan untuk memasukkan kode voucher ketika akan melakukan pembayaran. Yang perlu diperhatikan di sini adalah kode voucher antara bank yang satu dengan bank lainnya biasanya berbeda.

Jenis-Jenis Metode Pembayaran Belanja Online:

* Transfer ke rekening bank

* Pembayaran transaksi e-commerce di mesin ATM

* Tunai di tempat/Cash on Delivery (COD)

* Pembayaran dengan kartu kredit

* Pembayaran dengan internet banking/kartu debit

* Pembayaran melalui jaringan gerai swalayan/Kantor Pos

* Pembayaran dengan uang elektronik

* Cicilan dengan kartu kredit

* Cicilan tanpa kartu kredit

4. Cicilan 0% untuk Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang cukup mudah digunakan. Saking mudahnya, banyak pemegang kartu kredit yang gelap mata ketika berbelanja, baik offline maupun online.

Pada dasarnya, semua kartu kredit memang menyediakan fasilitas cicilan untuk nasabah atau konsumennya. Ketika konsumen melakukan pembelian di sebuah marketplace dan memilih metode pembayaran berupa cicilan kartu kredit, maka setiap bulan konsumen tersebut akan menerima tagihan kartu kredit sebesar harga produk yang dibeli dibagi tenor, plus bunga cicilan tiap bulannya.

Nah, dengan adanya promo cicilan 0%, konsumen merasa diringankan tanpa harus merogoh kocek lebih untuk membayar bunga cicilannya. Promo ini sangat bermanfaat, terutama untuk pembelian produk dengan harga yang relatif mahal.

Kini bank-bank penerbit kartu kredit pun berlomba-lomba menawarkan promo cicilan 0% bekerja sama dengan beberapa marketplace.

5. Cashback

Cashback merupakan jenis promo berupa potongan harga yang biasanya akan diberikan melalui virtual account atau e-payment dari masing-masing e-commerce. Cashback ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya.

Untuk mendapatkan cashback, biasanya konsumen harus melakukan pembelian dengan nominal tertentu tergantung ketentuan masing-masing e-commerce.

6. Gratis Ongkos Kirim

Ini dia jenis promo yang sedang gencar diterapkan oleh beberapa marketplace di Indonesia. Promo gratis ongkos kirim alias gratis ongkir memang memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen, karena konsumen sudah tidak lagi dibebankan biaya pengiriman hingga barang sampai ke alamat tujuan.

Namun, biasanya konsumen harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh beberapa marketplace. Syarat dan ketentuan itu biasanya berupa, minimal pembelian, maksimal area yang dicover untuk gratis ongkir, maksimal nominal gratis ongkir, dll.

7. Point Reward

Point Reward merupakan salah satu cara cerdas untuk mengikat konsumen. Dengan memberikan poin, maka diharapkan konsumen akan semangat dalam melakukan aktivitas pada situs e-commerce tertentu. Konsumen dapat mengumpulkan poin yang nantinya dapat ditukarkan menjadi kupon diskon, voucher belanja, dan bonus-bonus lainnya.

8. Bonus Produk

Bonus produk merupakan salah satu jenis promo yang memungkinkan konsumen untuk mendapatkan bonus berupa barang secara gratis apabila membeli produk-produk tertentu.

Biasanya bonus ini berupa barang yang masih berkaitan dengan produk utama yang dibeli. Misal, gratis softcase untuk pembelian smartphone tertentu, gratis monopod untuk pembelian kamera merk tertentu, dan lain sebagainya.

Itulah 8 Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan di e-Ecommerce. Semoga dapat menambah wawasan kamu.

 

Sumber : https://www.kompasiana.com/redyseptyanto/5a6f3a77dcad5b0f1f4e4802/8-strategi-promosi-untuk-meningkatkan-penjualan-di-e-commerce



Pengirim : Hendi Sobari (30/01/18)


Share This Post To :

Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Komentar Melalui Facebook :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas